Minggu, 28 November 2010

silabus

SILABUS

Nama Sekolah : SMA 1 Kendal
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XII / IPA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU SUMBER BELAJAR
1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu










o Integral Tak tentu
o Integral Tentu • Mengenal integral tak tentu sebagai anti turunan
• Menentukan integral tak tentu dari fungsi sederhana
• Merumuskan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri
• Merumuskan sifat-sifat integral tak tentu
• Melakukan latihan integral tak tentu
• Mengenal integral tentu sebagai luas daerah di bawah kurva
• Mendiskusikan teorema dasar kalkulus
• Merumuskan sifat integral tentu
• Melakukan latihan soal integral tentu
• Menyelesaikan masalah aplikasi integral tak tentu dan integral tentu • Mengenal arti Integral tak tentu
• Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu dari turunan
• Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
• Mengenal arti integral tentu

• Menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat integral
• Menyelesaikan masalah sederhana yang melibatkan integral tentu dan tak tentu
Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 4x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana

Teknik Pengintegralan:
o Substitusi
o Parsial
o Substitusi Trigonometri • Membahas Integral sebagai anti diferensial
• Mengenal berbagai teknik pengintegralan (substitusi dan parsial)
• Menggunakan aturan integral untuk menyelesaikan masalah.
• Menentukan integral dengan dengan cara substitusi
• Menetukan integral dengan dengan cara parsial
• Menentukan integral dengan dengan cara substitusi trigonometri
Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 6x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar

o Luas Daerah
o Volume Benda Putar
• Mendiskusikan cara menentukan luas daerah di bawah kurva (menggambar daerahnya, batas integrasi)
• Menyelesaikan masalah luas daerah di bawah kurva
• Mendiskusikan cara menentukan volume benda putar (menggambar daerahnya, batas integrasi)
• Menyelesaikan masalah benda putar

• Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
• Menghitung volume benda putar mengelilingi sumbu x
• Menghitung volume benda putar mengelilingi sumbu y





Metode :
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Kuiz
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian
12x45’
Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain








STANDAR KOMPETENSI:
2. Menyelesaikan masalah program linear.
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU SUMBER BELAJAR
2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel

Program Linear • Menyatakan masalah sehari-hari ke dalam bentuk sistem pertidaksamaan linear dengan dua variabel.
• Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linear
• Menyatakan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear dua variabel • Mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel
• Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
Metode :
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Kuiz
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 2x45’l Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear





Model Matematika Program Linier • Mendiskusikan berbagai masalah program linear
• Membahas komponen dari masalah program linear: fungsi objektif, kendala
• Menggambarkan daerah fisibel dari program linear
• Membuat model matematika dari suatu masalah aplikatif program linear
• Mengenal masalah yang merupakan program linier
• Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier
• Menggambar daerah fisibel dari program linier
• Merumuskan model matematika dari masalah program linear
Metode :
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Kuiz
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 6x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

Solusi Program Linier • Mencari penyelesaian optimum sistem pertidaksamaan linear dengan menentukan titik pojok dari daerah fisibel atau menggunakan garis selidik.
• Menafsirkan penyelesaian dari masalah program linier.  Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif
 Menafsirkan solusi dari masalah program linear Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain

STANDAR KOMPETENSI:
3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU SUMBER BELAJAR
3.1. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain








Matriks
 Pengertian Matriks
 Operasi dan Sifat Matriks
 Matriks Persegi




• Mencari data-data yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom
• Menyimak sajian data dalam bentuk matriks
• Mengenal unsur-unsur matriks
• Mengenal pengertian ordo dan jenis matriks
• Melakukan operasi aljabar matriks: penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sifat-sifatnya
• Mengenal matriks invers melalui perkalian dua matriks persegi yang menghasilkan matriks satuan • Mengenal matriks persegi
• Melakukan operasi aljabar atas dua matriks
• Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh
• Mengenal invers matriks persegi


Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 4x45’










Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


3.2. Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2

Determinan dan Invers matriks




• Mendiskripsikan determinan suatu matriks
• Menggunakan algoritma untuk menentukan nilai determinan matriks pada soal.
• Menemukan rumus untuk mencari invers dari matriks 2x2 • Menentukan determinan matriks 2x2
• Menentukan invers dari matrks 2x2




Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 6x45’




Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


3.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel




Penerapan matrik pada sistem persamaan linier • Menyajikan masalah sistem persamaan linier dalam bentuk matriks
• Menentukan invers dari matriks koefisien pada persamaan matriks
• Menyelesaikan persamaan matriks dari sistem persamaan liniear variabel
• Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier
• Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks invers
Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


3.4. Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah



o Pengertian Vektor
o Operasi dan sifat vektor


• Mengenal besaran skalar dan vektor
• Mendiskusikan vektor yang dapat dinyatakan dalam bentuk ruas garis berarah
• Melakukan kajian vektor satuan
• Melakukan operasi aljabar vektor dan sifat-sifatnya
• Menyelesaiakn masalah perbandingan dua vektor
• Menjelaskan vektor sebagai besaran yang memilki besar dan arah
• Mengenal vektor satuan
• Menentukan operasi aljabar vektor : jumlah, selisih, hasil kali vektor dengan skalar, dan lawan suatu vektor
• Menjelaskan sifat-sifat vektor secara aljabar dan geometri
• Menggunakan rumus perbandingan vektor
Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


3.5. Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah.

Perkalian skalar dua Vektor
• Merumuskan defifnisi perkalian skalar dua vektor
• Menghitung hasil kali skalar dua vektor dan menemukan sifat-sifatnya
• Melakukan kajian suatu vektor diproyeksikan pada vektor lain
• Menentukan vektor proyeksi dan panjang proyeksinya
• Melakukan kajian menentukan sudut antara dua vektor
• Diskusi kelompok mencari permasalahan sehari-hari yang mempunyai penyelesaian dengan konsep vektor. • Menentukan hasilkali skalar dua vektor di bidang dan ruang

• Menjelaskan sifat-sifat perkalian skalar dua vektor







Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


3.6. Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah



Transformasi Geometri • Mendefinisikan arti geometri dari suatu transformasi di bidang melalui pengamatan dan kajian pustaka
• Menentukan hasil transformasi geometri dari sebuah titik dan bangun
• Menentukan operasi aljabar dari transformasi geometri dan mengubahnya ke dalam bentuk persamaan matriks. • Menjelaskan arti geometri dari suatu transformasi bidang
• Melakukan operasi berbagai jenis transformasi: translasi refleksi, dilatasi, dan rotasi.
• Menentukan persamaan matriks dari transformasi pada bidang.

Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain



3.7. Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks transformasinya

Komposisi Transformasi Geometri
• Mendefinisikan arti geometri dari komposisi transformasi di bidang

• Mendiskusikan aturan transformasi dari komposisi beberapa transformasi

• Menggunakan aturan komposisi transformasi untuk memecahkan masalah


• Menentukan aturan transformasi dari komposisi beberapa transformasi

• Menentukan persamaan matriks dari komposisi transformasi pada bidang.


8x45’
Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain












SILABUS

Nama Sekolah : SMA1 Kendal
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XII / IPA
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU SUMBER BELAJAR
4.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri













o Pola Bilangan
o Barisan Bilangan
o Barisan dan deret Aritmatika dan Geometri










• Mendiskusikan pola dan barisan bilangan
• Merumuskan definisi barisan dan notasinya
• Merumuskan barisan aritmatika
• Menghitung suku ke-n barisan aritmatika
• Merumuskan barisan geometri
• Menghitung suku ke-n barisan geometri
• Menghitung jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
• Mendiskusikan sisipan dari barisan aritmatika dan geometri
• Mendiskusikan deret geometri tak hingga • Menjelaskan arti barisan dan deret
• Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
• Menemukan rumus barisan dan deret geometri
• Menghitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri.
• Menghitung jumlah deret geometri tak hingga deret geometri konvergen


Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 4x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


4.2. Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian



o Notasi Sigma
o Induksi Matematika
• Menyatakan suatu deret dengan notasi sigma
• Diskusi tentang pembuktian di dalam matematika
• Menggunakan induksi matematika sebagai salah satu metode pembuktian dalam deret.
• Menuliskan suatu deret dengan notasi sigma.
• Menggunakan induksi matematika dalam pembuktian.

Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


4.3. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret


Model Matematika dari masalah deret • Menyatakan masalah yang merupakan masalah deret dan menentukan variabelnya
• Menyatakan kalimat verbal dari masalah deret ke dalam model matematika.
• Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret.
• Merumuskan model matematika dari masalah deret

Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain
• Journal
• Internet
4.4. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya

Solusi dari masalah deret
• Mencari penyelesaian dari model matematika yang telah diperoleh

• Menafsirkan dari suatu masalah dengan penyelesaian yang berkaitan dengan deret barisan dan deret.

• Menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan deret

• Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh


Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 10x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain




STANDAR KOMPETENSI:
5. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU SUMBER BELAJAR
5.1. Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah.
Fungsi eksponen dan Logaritma
• Membahasa ulang arti eksponen dan logaritma dan syaratnya
• Mendiskusikan dan menghitung nilai fungsi eksponen dan logaritma
• Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logritma untuk menyelesaikan masalah • Menghitung nilai fungsi eksponen dan logaritma
• Menentukan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma
• Menyelesiakan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma.
Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain


5.2. Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma.


Grafik Fungsi eksponen dan Logaritma • Membuat tabel niali fungsi eksponen dan logaritma
• Menggambar sketsa grafik fungsi eksponen dan logaritma
• Menyelidiki sifat-sifat grafik fungsi eksponen dan logaritma • Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma untuk menggambar grafik
• Menemukan sifat-sifat grafk fungsi eksponen dan logaritma

Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 6x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain

5.3. Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana
Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma • Mengidentifikasi syarat dari pertidaksamaan eksponen dan logaritma
• Melakukan operasi aljabar untuk menyelesaikan pertidaksamaan logaritma
• Menggunakan sifat-sifat fungsi logaritma untuk menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen dan logaritma • Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen dan syaratnya
• Menentukan penyelesaian pertidaksamaan logaritma dan syaratnya


Jenis:
 Kuiz
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 8x45’ Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger